Penyebab Perut Buncit

Kalau badut memiliki tubuh gembul dan perut buncit memang menambah kelucuan namun kalau anda memiliki perut buncit mungkin justru jadi resah dan tidak nyaman. Perut buncit memang mengganggu penampilan apalagi wanita. Perut buncit menunjukkan ketuaan karena rata-rata orang yang sudah setengah baya perutnya mulai buncit. Dan siapapun tidak ingin terlihat tua.

Penyebab perut buncit

Akibatnya banyak orang yang terjebak dalam berbagai aktivitas populer untuk mengurangi dan menghilangkan perut buncit seperti diet, ada bermacam-macam diet dari yang masuk akal sampai yang aneh-aneh. Ada juga yang mempercayai senam bisa mengembalikan level perut maka muncullah berbagai macam senam dari yang berdasar gerakan tinju sampai yang mengambil gerakan yoga.

Bagi orang yang lebih berada bisa memilih cara cepat dengan operasi sedot lemak, tarik kulit, laser atau berbagai terapi lain untuk mengecilkan perut. Namun dibalik terapi-terapi pengecil perut secara instant sebenarnya cara tersebut tidak sehat dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Sebenarnya apakah penyebab perut buncit itu?

Umumnya orang akan menganggap wajar jika setelah berumah-tangga seseorang akan memiliki perut buncit. Apalagi jika umurnya sudah paruh baya. Namun sebenarnya tidak berhubungan langsung. Penyebab perut buncit yan gutama adalah pola makan yang buruk.

Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi adalah penyebab utama perut menjadi buncit. Apalagi jika dilakukan berulang-ulang kali. Yang dimaksud berlemak tinggu bukan hanya fried chicken dan burger yang memang terasa sangat nikmat. Makanan warung seperti opor, masakan padang, gule, sate, rawon dll sama efeknya dengan berbagai macam fried chicken karena memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Mungkin akan mengejutkan bagi anda jika bukan hanya makanan berlemak yang membuat perut buncit. Makanan pedas juga memiliki potensi membuat perut anda buncit. Makanan pedas membuat pelepasan asam lambung yang berlebih dan mengakibatkan iritasi pada kulit lambung. Iritasi ini memicu pembengkakan dan terjadilah perut buncit karena lambung yang membengkak.

Terlalu banyak makan garam juga menimbulkan kebuncitan dan kegemukan sekaligus karena garam dengan senyawa natrium akan mengikat air dalam darah sehingga tubuh kekurangan cairan. Akibatnya berefek domino, awalnya karena kandungan air dalam dara sedikit maka lemak dalam darah sulit diproses metabolisme, tubuh menjadi terasa lemas dan pemilit tubuh menjadi kurang aktivitas. Efek domino ini mengakibatkan penumpukan lemak di area perut meningkat tinggi dan menimbulkan perut buncit.

Dan tentu saja makanan berkarbohidrat tinggi adalah penyebab kebuncitan karena karbohodrat yang masuk tubuh langsung dirubah menjadi gula darah dan jika gula darah tidak habis dibakar karena aktivitas maka akan disimpan menjadi lemak dalam tubuh. Lemak itu disimpan dalam perut dan menyebabkan buncit. Sebenarnya anda tidak perlu risau dengan perut buncit asal tubuh anda sehat. Sayangnya perut buncit adalah gejala tidak sehatnya tubuh.