Oleh-oleh Khas Makassar

Makassar merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Dimana ia terkenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata, tempat ngopi dll  yang menarik dan patut dikunjungi. Ketika berada di Makassar, dapat dipastikan para wisatawan akan terus ingin berlama-lama di tempat tersebut karena hamparan pemandangan yang masih sangat alami.

Selain menikmati keindahan alam, oleh-oleh khas Makassar juga mampu menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Mengingat oleh-oleh khas Kota Daeng ini memang sangatlah beragam. Berikut daftar oleh-oleh khas Makassar yang patut dibeli.

Otak-Otak Ikan

Menemukan otak-otak ikan di Kota Makassar menjadi sesuatu hal yang sangat mudah. Makanan ini banyak dijual oleh para pedagang di sekitar Pantai Losari. Selain itu, otak-otak ikan ini juga dapat ditemukan di toko Otak-Otak Ibu Sanny atau toko Otak-Otak Ibu Elly. Terlebih lagi, kedua toko tersebut merupakan brand terbesar produk otak-otak yang ada di Makassar.

Kue Kurma

Jika mendengar namanya, pasti Anda beranggapan bahwa makanan ini terbuat dari buah kurma. Namun, anggapan tersebut rupanya salah besar. Kue kurma tidak memiliki kandungan buah kurma sedikit pun, melainkan terbuat dari campuran tepung terigu, telur, mentega dan maizena.

Dinamakan kue kurma karena kue yang satu ini memiliki bentuk yang nampak seperti kurma. Terlebih lagi, bagian terluar dari kue kurma dibalut oleh saus karamel sehingga membuatnya nampak seperti buah kurma sungguhan. Setelah dibalut saus karamel, kue kurma tersebut ditaburi potongan kacang yang renyah.

Minyak Tawon

Minyak tawon memang sangat mudah ditemukan di apotek-apotek di seluruh Indonesia. Namun, minyak tawon dari kota aslinya, yakni Makassar tentu lebih berkualitas tinggi. Bahkan, minyak tawon yang dijual di kota ini tersedia dalam ukuran kemasan yang sangat besar dengan aroma yang beragam.

Kopi Toraja

Belum lengkap rasanya jika tidak membeli Kopi Toraja ketika berwisata ke Makassar. Citarasa dari kopi yang satu ini memang tidak dapat diragukan lagi karena terbilang sangat berbeda dengan kopi yang biasa diminum sehari-hari. Kopi Toraja tersedia dalam 3 jenis pilihan, yakni Arabica, Special Blend dan Robusta.

Abon Raos

Anda penggemar abon ? Jangan lewatkan membeli abon ketika berada di Makassar. Abon khas Makassar dinamakan abon raos. Raos sendiri diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti “enak”. Abon raos khas Makassar berbahan dasar daging sapi berkualitas bagus, sehingga tidak heran jika rasanya luar biasa enak dan berbeda, serta sukses bikin ketagihan.

Kain Tenun atau Sarung Bugis

Oleh-oleh khas Makassar selanjutnya ialah kain tenun atau sarung khas Bugis. Kain ini biasanya dijual di pasar-pasar tradisional Makassar. Kain tenun khas Makassar terbilang sangat unik dengan warna yang beragam. Selain warna, jenis kain yang digunakan pun berbeda-beda. Dimana jenis kain dari sarung Bugis tersebut akan mempengaruhi harga jualnya.

Sirup DHT

Sirup DHT merupakan oleh-oleh khas Makassar yang memiliki rasa pisang Ambon. Sirup ini sudah tersedia sejak puluhan tahun lamanya dan masih dicari-cari oleh para penggemarnya. Sirup DHT dapat dikonsumsi secara langsung atau agar lebih nikmat, sirup tersebut dapat dituangkan di atas es palu buntung atau es pisang hijau.

Baruasa

Baruasa memiliki bentuk yang hampir mirip dengan biskuit bayi. Namun, pada dasarnya baruasa merupakan kue kering yang memiliki rasa enak dan dapat dikonsumsi segala usia. Makanan khas Makassar yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan telur. Baruasa sangat cocok disuguhkan bersama teh mangis hangat ketika sore hari.