Mesin Tangguh yang Tertanam di BMW 520i

Apa yang membuat BMW 520i melegenda? pastinya pertanyaan ini ada dalam benak Anda, terutama bagi para penggemar BMW. Selain desain yang seolah tidak lekang oleh zaman, dapur pacu dari BMW 520i juga turut andil dalam membuat mobil yang pertama diluncurkan tahun 2001 ini menjadi barang wajib bagi para kolektor BMW.

BMW 520i dibekali mesin berkode M54B20 berkapasitas 2,2 liter 6 silinder segaris yang memiliki 24 buah katup, dengan power maksimal 170 HP pada 6100 RPM, serta torsi puncak 210 NM pada 3500 RPM. BMW memasukan teknologi “Double Vanos” pada mesin ini sehingga membuat performanya sangat bertenaga .
Double VANOS adalah sistem variator yang menyesuaikan waktu pembukaan katup dengan menggerakkan posisi camshaft yang berkaitan dengan roda gigi penggerak. Waktu relatif antara pembukaan katup inlet dan exhaust dapat berubah sesuai dengan injakan kaki terhadap pedal gas.

Pada putaran mesin rendah, posisi camshaft dipindahkan sehingga katup akan terbuka dan membuat pengembangan tenaga yang halus. Seiring peningkatan kecepatan mesin, katup akan terbuka lebih awal dan meningkatkan torsi, menghasilkan tenaga penuh namun tetap memperhatikan efisiensi bahan bakar. Sistem ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 dan dikembangkan lagi pada tahun 1996. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada BMW seri 3 dan 5.

Dengan teknologi mesin yang sudah selangkah lebih maju dibanding para kompetitornya pada saat itu, wajar jika BMW 520i masih menjadi incaran para kolektor. Selain itu, mesin dari BMW 520i yang memiliki torsi besar juga sangat mendukung untuk kegiatan balap seperti Drift atau Rally.

Hal ini disebabkan karena mudahnya melakukan Tune-Up pada mesin BMW 520i, seperti penambahan Turbo, intercooler, memodifikasi saluran gas buang dan penyesuaian ECU yang dapat dirubah sesuai kebutuhan. Dengan kemudahan tersebut, wajar jika para drifter dan pembalap rally sangat menyukai performa dari BMW 520i.

Saat ini, BMW sudah melakukan berbagai perubahan baik interior maupun eksterior pada model 520i mereka. Hal ini dilakukan agar membuat mobil terlihat lebih modern dan tidak kalah bersaing dengan para kompetitornya. Untuk melihat info lengkap mengenai spesifikasi dan harga dari BMW 520i.