Manfaat Kapolaga Yang Baik Untuk Kesehatan

manfaat kapulaga

Manfaat kesehatan kapulaga meliputi perlindungan gastrointestinal, pengendalian kolesterol, pengendalian kanker, bantuan dari masalah kardiovaskular, dan peningkatan sirkulasi darah di tubuh. Hal ini berguna untuk menyembuhkan penyakit gigi dan infeksi saluran kemih seperti sistitis, nefritis, dan gonore. Kapulaga memiliki khasiat afrodisiak dan juga digunakan sebagai obat untuk impotensi, disfungsi ereksi, dan ejakulasi dini.

Apa itu kapulaga?

Kapulaga adalah bumbu yang berasal dari India, Nepal, dan Bhutan. Saat ini, tersedia di sebagian besar tempat tropis di Asia, termasuk India, China, Bhutan, Vietnam, Malaysia, Korea, dan Jepang. Hal ini dianggap sebagai Ratu Rempah-rempah dan merupakan salah satu rempah-rempah yang paling mahal, peringkat ketiga, yang pertama dan kedua adalah kunyit dan vanila.

Dipercaya bahwa budidaya kapulaga dimulai pada iklim tropis dan lembab di India. Dalam istilah botani, itu termasuk dalam famili Zingiberaceae dan nama ilmiahnya adalah Elettaria cardamomum. Ada dua tipe utama atau subspesies kapulaga. Nama ilmiah mereka adalah Elettaria, yang disebut kapulaga hijau atau benar, dan Amomum, yang merupakan kapulaga hitam, putih, atau merah.

Dewan Rempah-Rempah India mengakui tiga varietas kapulaga, termasuk varietas Malabar, Mysore dan Vazhukka. Ada varietas lain, bernama Njallani, yang telah menjadi sangat populer seiring dengan tiga varietas normal. Varietas ini dikembangkan oleh seorang petani kecil bernama Sebastian Joseph dari distrik Idukki di Kerala.

Hal ini ditemukan dalam bentuk polong kecil dengan biji hitam di dalamnya. Baik bibit maupun polongnya memberi aroma dan rasa yang menyenangkan. Oleh karena itu, mereka digunakan sebagai agen penyedap masakan India. Penggunaannya tidak hanya terbatas pada hidangan panas dan pedas; Benih juga ditambahkan ke makanan penutup dan minuman untuk melengkapi rasa manis. Teh kapulaga adalah minuman yang sangat terkenal, bersama dengan teh jahe, di India.

Di India, kapulaga secara tradisional dianggap sebagai ramuan dan merupakan salah satu ramuan di Ayurveda (ilmu kedokteran dan gaya hidup India kuno) dan pengobatan tradisional Tiongkok. Ini diyakini sebagai obat untuk infeksi gigi dan gusi, masalah tenggorokan, kemacetan paru-paru, tuberkulosis paru, pembengkakan kelopak mata, gangguan saluran cerna, disintegrasi ginjal, dan batu empedu, dan juga digunakan sebagai penangkal racun dan venoms. .

Fakta Nutrisi Kapulaga

Menurut US Department of Agriculture dan National Nutrient Database for Standard Reference, kapulaga (100g) mengandung energi (300 kkal), karbohidrat (68 g), protein (11 g), serat makanan (28 g), dan tidak ada kolesterol 0mg).

Kapulaga kaya akan berbagai vitamin dan mikronutrien. Ini termasuk niacin, pyridoxine, riboflavin, tiamin, vitamin A, vitamin C, sodium, potassium, kalsium, tembaga, besi, mangan, magnesium, fosfor, dan seng.

manfaat kapulaga
manfaat kapulaga

Manfaat Kesehatan kapulaga

Kapulaga adalah bumbu yang ideal dengan banyak manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan yang paling populer tercantum di bawah ini.

Mencegah Kanker Kolorektal
Kanker, terutama kanker kolorektal, adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Meningkatnya biaya terapi kanker konvensional dan efek samping berikutnya telah mendorong peneliti untuk mencari alternatif yang berkelanjutan. Studi yang dilakukan oleh Sengupta dkk. di Chittaranjan National Cancer Institute di Kolkata telah menunjukkan bahwa kapulaga makanan memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal sampai tingkat 48%.

Bagus untuk Kesehatan Kardiovaskular
Penelitian yang dilakukan di Departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy of King Saud University, Arab Saudi menunjukkan bahwa pemberian kapulaga untuk kondisi kardiovaskular menghasilkan detak jantung yang lebih rendah atau ritme yang dikendalikan, dan kontrol hipertensi. Mikronutrien yang ditemukan di dalamnya dapat melawan lonjakan lipid dalam tubuh. Dalam percobaan yang dilakukan di Farmakologi dan Divisi Toksikologi di Hindustan Antibiotik Limited di Pune, India oleh Dhuley, enzim antioksidan hati dan kardiak dari kapulaga diberikan pada tikus, yang mendapat makanan tinggi lemak. Enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dan membantu mengendalikannya secara signifikan.

Anti-depresan
Kapulaga juga diyakini memiliki sifat anti-depresan. Minyak esensial adalah salah satu minyak utama yang digunakan dalam aromaterapi. Ini bisa digunakan tidak hanya untuk depresi tapi juga sebagai obat untuk berbagai penyakit lainnya mulai dari gangguan perut hingga pulmona