4 Gangguan Kesehatan yang Muncul di Ketiak

Masalah Ketiak

Ketiak adalah kelenjar penghasil keringat yang harus selalu dijaga kebersihan serta kesehatannya.  Terkadang ketiak dapat mengalami ketidakseimbangan hormonal. Ketiak seringkali menjadi sumber bau badan yang akan menurunkan kepercayaan diri kita. Sebenarnya ada banyak masalah yang bisa dihadapi oleh ketiak jika Anda tidak menjaga kebersihannya. Agar Anda bisa lebih perhatian dengan kesehatan ketiak Anda sendiri, berikut ini kami akan memberikan beberapa masalah kesehatan yang bisa menyerang ketiak Anda.

  1. Bau Tidak Sedap

Bau ketiak seperti ini tentu sudah dialami banyak orang. Bau ketiak biasanya diakibatkan karena keringat di ketiak yang menjadi sarang berkembangnya bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Cara paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan mandi minimal dua kali sehari dan menggunakan deodoran yang cocok setiap hari.

Namun jika baunya semakin sulit dihilangkan atau diatasi bisa jadi Anda mengalami perubahan hormonal atau bisa juga sebagai gejala akan munculnya suatu penyakit. Lebih baik jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Gatal

Rasa gatal yang muncul pada ketiak biasa terjadi saat bulu ketiak Anda mulai tumbuh setelah dicukur. Biasanya sensasi gatal ini merupakan tanda iritasi kulit atau reaksi kulit terhadap produk deodoran yang Anda gunakan.

Tetapi jika sensasi gatal di kulit ketiak ini susah hilang dan disertai dengan munculnya gejala lain seperti sel kulit mati atau bercak merah, bisa jadi hal ini mengindikasikan adanya pertumbuhan jamur di ketiak Anda.

  1. Nyeri

Timbulnya rasa nyeri di area ketiak bisa disebabkan karena otot yang tegang. Hal ini bisa terjadi pada orang yang sering melakukan aktivitas berat atau latihan intens dengan rutin. Biasanya rasa nyeri setelah latihan seperti ini hanya bersifat sementara yang akan hilang setelah istirahat cukup.

Namun ada beberapa kasus dimana rasa nyeri di area ketiak menjadi pertanda lesi atau kelenjar getah bening yang bengkak di area itu.

  1. Ruam

Alergi, kelebihan panas dan gesekan, lingkungan hangat dan lembab merupakan beberapa kondisi yang bisa menyebabkan ruam. Biasnya kondisi ini bisa muncul bersamaan dengan gejala lain seperti kemerahan dan gatal. Untuk mengatasi masalah seperti ini, akan lebih efektif jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang efektif pula.

Nah itulah beberapa tips kesehatan yang bisa kami bagikan hari ini, semoga dengan mengetahui beberapa masalah yang bisa menimpua ketiak Anda jadi lebih tahu apa yang terjadi dengan ketiak Anda. Jika disepelekan masalah seperti ini tentu akan sangat membuat aktivitas sehari-hari kita terganggu, untuk itu mengatasinya sebelum membesar bisa menjadi langkah yang tepat.