Cara Pernis Kayu

Kayu merupakan sumber daya yang bisa dibilang memiliki sejuta manfaat. kayu bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar, bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar juga seperti kursi, meja, lemari maupun bentuk meubel lainnya.

Banyak alasan kenapa kayu menjadi  bahan dasar favorit untuk mebel. Selain karena kayu merupakan material yang ramah lingkungan, kayu juga menjadi material yang kuat dan kokoh.

Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi apabila kita menggunakan material kayu sebagai bahan dasar peralatan rumah tangga kita. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kayu yang keropos dan dihinggapi rayap.

Tapi tenang karena ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari masalah tersebuty. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pernis. Tapi menggunakan pernis pada kayu juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa cara pernis kayu yang benar, Nah, dibawah ini akan dibahas bagaimana cara pernis kayu yang baik dan benar.

gambar pernis kayu
gambar pernis kayu

 

Tips dan Cara Pernis Kayu yang Baik dan Benar

  1. Pemilihan Tempat

Dalam melakukan pernis pada kayu kamu juga perlu memperhatikan lokasi. Jangan lakukan ditempat yang tertutup karena tempat yang tertutup akan membuat pernis lama kering. Selain itu bau pernis yang menyengat juga bisa membuat kamu tidak nyaman.

Gunakan tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lancar atau bisa dibilang lakukan ditempat yang terbuka.

Selain pemilihan tempat yang terbuka. Pilihlah juga tempat yang bebas debu dan kotoran. Karena debu dan kotoran bisa saja terbang dan menempel pada permukaan kayu. Sehingga bisa juga merusak permukaan dari kayu.

  1. Perhatikan Suhu dan Kelembaban Tempat

Dalam melakukan pernis pada kayu kamu juga perlu memperhatikan suhu pada lokasi. Usahakan suhu pada tempat berkisar 21 sampai 26 derajat. Jangan lakukan pernis di tempat yang terlalu panas karena bisa saja membuat permukaan kayu muncul gelembung-gelembung kecil yang merusak kualitas dari kayu yang di pernis tersebut.

Hindari juga tempat yang terlalu dingin. Karena tempat yang terlalu dingin bisa membuat kayu menjadi lebih lama mengering.

  1. Gunakan Pelindung

Seperti yang kamu ketahui pernis memiliki bau yang menyengat. Hal tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa pernis mengandung banyak bahan kimia. Oleh karena itu ketika kamu memernis kayu gunaakn pelindung yang semestinya.

Kamu bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata, dan juga bisa menggunakan masker sebagai pelindung agar udara yang menyengat tidak  masuk ke pernafasan kamu.

  1. Gunakan pernis yang sesuai dan persiapkan kayu

Pernis sendiri juga tidak hanya ada 1 jenis. Ada banyak jenis pernis yang tentunya masing-masing memiliki kelebihannya masing masing, Nah, disini kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Selain mempersiapkan pernis. Kamu juga perlu mempersiapkan kayu yang akan dipernis. Persiapkan kayu dengan cara membersihkan permukaan kayu dari debu yang menempel. Karena dengan adanya debu yang menempel bisa membuat hasil dari pernis tidak maksimal.

Kamu juga perlu membersihkan bekas cat atau pernis yang lama. Bisa kamu lakukan dengan melakukan pengamplasan pada permukaan kayu.

  1. Pernis lapisan demi lapisan

Dalam melakukan pernis ternyata kamu tidak bisa melakukannya asal. Yang pertama lakukan pernis untuk membuat lapisan pertama. Lakukan secara merata lalu tunggu hingga kering. Setelah itu amplas lapisan pertama pernis.

Setelah itu lakukan pernis kembali secara merata dan amplas kembali lapisan kedua. Setelah itu Baru lakukan pengecatan pernis kembali untuk lapisan ketiga. Setelah melakukan pernis pada lapisan ketiga. Tunggu pernis hingga benar-benar kering.

Nah, itu tadi merupakan beberapa tips untuk kamu yang ingin melakukan pernis pada kayu. Cara diatas bisa kamu terapkan pada mebel seperti kursi, meja, lemari dan peralatan rumah lainnya. Untuk kamu yang mencari lemari dengan warna cat pernis yang bagus kamu bisa cari di www.hargalemari.info