Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet

Cara merawat printer yang benar perlu anda ketahui agar printer yang anda gunakan tetap awet dan bisa anda gunakan dalam waktu yang lama. Jika Cara merawat printer anda salah maka kemungkinan besar akan menyebabkan beberapa komponennya akan mengalami kerusakan lebih cepat dari yang seharusnya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam perawatan printer supaya dapat tetap berfungsi dengan baik untuk mencetak dokumen.

cara merawat printer

Simaklah beberapa tips cara merawat printer berikut ini supaya printer anda tetap terawat dan tidak cepat rusak sehinga dapat anda gunakan secara normal :

Gunakan printer secara rutin
Jangan membiarkan printer anda tidak digunakan mencetak dalam waktu lama. Sebaiknya printer anda digunakan untuk mencetak dokumen minimal 2-3 lembar setiap hari atau setiap 2 hari sekali. Cara merawat printer seperti ini dilakukan untuk mencegah tinta mengering pada Print Head. Gunakan semua warna (hitam,merah, biru, dan kuning) untuk memastikan semua Print Head bekerja.

Segera lakukan isi ulang tinta
Saat cartridge telah kosong maka jangan biarkan terlalu lama dan segera mengisinya agar tidak ada sisa tinta yang mengerin dan menyumbatnya.

Jangan menyentuh pin CMOS
Saat anda ingin mengisi tinya dan melepas catridge, anda harus melakukannya secara hati-hati agar tidak menyentuh bagian pin CMOS yang biasanya memiliki tanda gambar tangan yang diberi tanda silang. Pin CMOS bisa mengalami kerusakan saat disentuh oleh tangan karena terkena listrik statis yang berasal dari tubuh.

Penggunaan merk tinta
Cara merawat printer yang ketiga adalah pada penggunaan tinta dengan merk yang sama setiap melakukan pengisian ulang. Jika terpaksa harus mengisinya dengan tinta dengan merk lain maka sebelumnya Anda harus memastikan bahwa tinta dalam cartridge telah benar-benar habis.

Penggunaan kertas
Gunakan kertas yang bersih dan tidak terlipat agar pada saat melakukan proses pencetakan printer lancar. Cara merawat printer ini agar menghindari tersangkutnya kertas atau paper jam pada roller yang ada pada printer. Jangan pula gunakan kertas yang berdebu karena dapat membuat Print Head cepat kotor.

Printer infus
Jika printer yang anda gunakan sudah dimodifikasi menjadi sistem infus, maka simpan tabung tinta sejajar dengan posisi printer. Cara merawat printer ini aga tinta tidak selalu mengalir ke dalam cartridge saat sedang tidak difungsikan.

Informasi mengenai harga printer bisa anda peroleh di RagamPrinter.com.

Demikian beberapa tips sederhana mengenai cara merawat printer yang bisa anda gunakan agar printer anda tetap dapat mencetak dokumen-dokumen yang Anda perlukan secara normal dan dalam waktu yang lebih lama.