Cara Mengatasi Error di Kamera Canon 1100D

Cara Mengatasi Error di Kamera Canon 1100D

Cara Mengatasi Error di Kamera Canon 1100D

Pada saat kalian asyik menggunakan kamera untuk memotret atau sedang merekam video tiba-tiba kamera kalian error dan muncul pesan-pesan berupa kode error pasti kalian akan panik bukan. Sebenarnya kalian tidak perlu panik, karena ada beberapa cara untuk mengatasi kode error tersebut.

Pada bahasan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi kode eror pada canon 1100d. Kode error tersebut memiliki banyak arti diantaranya yaitu malfunction mekanis, software error, flash bermasalah, komunikasi antara body dengan lensa yang tidak berjalan sampai tidak berfungsinya salah satu komponen pada mainboardnya.

Jika kalian memahami tentang arti dari kode error tersebut pasti kalian bisa memperkirakan kerusakan atau kegagalan fungsi yang dialami oleh kamera kalian. Serta kalian juga bisa memperkirakan apakah bisa di perbaiki sendiri atau tidak, jika bisa lebih baik kita perbaiki sendiri namun bila tidak kalian harus membawanya ke bengkel service kamera. harga camera canon.

Berikut beberapa arti kode error pada kamera canon 1100d beserta dengan solusinya, semoga kalian bisa memahami kode-kode berikut agar bisa mengerti kegagalan fungsi pada kamera kalian.

1. Error 01 : Terjadi masalah komunikasi antara lensa dengan body kamera

Kegagalan ini terjadi karena lensa atau body kamera canon kalian rusak. Atau sederhananya biasanya di lensa terhadap kotoran.

Solusinya : Coba bersihkan kontak mounting pada lensa dan kamera dengan kain bersih dan lembut.

2. Error 02 : Masalah pada kartu memori

Pada kegagalan fungsi ini, bodi kamera/software tidak merespon memory card/media penyimpanan. Kerusakan bisa saja terdapat pada body kamera yakni tempat slot memory atau bahkan dari memory tersebut yang rusak.

Solusi: Pada tahap awal periksa pada bagian slot memori, jika tidak ada kerusakan selanjutnya format kartu memori kalian.

3. Error 20 : Terjadi kerusakan mekanis

Kamera mendeteksi terjadi kesalah pada sektor mekanis kamera. Kerusakannya bisa meliputi cermin, shutter atau mekanisme aperture. Kode ini tidak mengisyaratkan secara detail dimana letak kerusakannya. Error 20 canon 600d dan 1100d ditandai pada mirror yang tidak bisa membalik dan shutter yang tidak bisa mengambil gambar.

Solusi : cara mengatasi error 20 pada kamera canon ini denga melakukan buka pasang baterai, jika tidak terselesaikan, kalian harus membawanya ke service kamera.

4. Error 22 : CF Card Driver

Masalah ini disebabkan karena data gambar tidak dapat ditulis di kartu memori. Biasanya disebabkan oleh pemasangan memoru yang kurang tepat pada canon 1100d atau juga bisa di sebabkan oleh kamera yang tidak mendeteksi signal siap dari kartu memori dalam limit waktu tertentu.

Solusi : Periksa kartu memori CF apakah sudah diposisikan dengan tepat atau tidak. Jika masih tetap tidak bisa kalian bisa memformat kartu memori.

5. Error 30 : Kerusakan pada Shutter

Berbeda dengan error 20 namun sama dengan cara mengatasi error 20 canon, kesalah satu ini menunjukkan masalah langsung pada komponen shutter. Canon error 30 di karenakan kerusakan yang terjadi pada sektor mekanis atau kesalahan pada kabel fleksibel,dll.

Solusi : cara mengatasi error 30 pada canon 1100d sama dengan error 20, kalian tinggal mengulangnya.

6. Error Baterai

Pada kasus ini biasanya ditandai dengan icon batery yang berkedip pada bagian layar atas. Kasus ini biasanya di temui pada canon eos 1100d, 60d, 70d, dan beberapa produk canon lainnya yang setelah di bawa ketempat service.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi kamera 1100d error. Dengan memahami kode diatas kalian bisa memperkirakan pada bagian mana kerusakan atau masalah yang sedang dialami oleh kamera kalian. Semoga artikel diatas bermanfaat dan membantu kalian dalam mengatasi kamera canon 1100d yang error.