Beberapa Strategi B2B Pemasaran Digital

Beberapa Strategi B2B Pemasaran Digital

Sebelumnya admin akan menjelaskan sedikit mengenai b2b, apa itu b2b? b2b adalah business to business, jadi bisnis to bisnis maksudnya adalah target dari b2b pemasaran digital ini bukanlah costumer pada umumnya, jadi bisnis ini diperuntukkan kepada bisnis lagi.

Misalnya kalian memiliki konveksi yang sudah besar dan kalian mentargetkan perusahaan A akan memesan pesanan baju seragam karyawan pada konveksi milik kalian, maka hal itu disebut dengan bisnis to bisnis, bukan lagi bisnis to costumer karena cakupannya lebih banyak dan lebih besar.

Mungkin di dunia bisnis offline sistem b2b sudah sering diterapkan dan dengan sangat mudah diterapkan, namun apakah b2b pemasaran digital juga akan semudah dengan b2b di pemasaran offline lainnya?

Nah postingan kali ini admin akan memberikan beberapa hal dan strategi untuk b2b pemasaran digital.

Yang perlu kalian ketahui bahwa sudah banyak perusahaan menggunakan sistem b2b pemasaran digital dan mendulang karir yang sukses, mereka tidak menggunakan cara yang baru dalam menerapkan sistem b2b pemasaran digital, beberapa perusahaan hanya mengadopsi cara lama dan kemudian direncang sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaannya.

Berbica media digital tentunya kita semua tahu bahwa media saat ini selalu mengalami perkembangan tiap waktunya, sehingga jika kalian tidak update mengenai perkembangan media saat ini ya jangan khawatir jika perusahaan kalian akan cepat gulung tikar.

Nah menghindari hal diatas, langsung saja ya admin akan memberikan beberapa strategi b2b pemasaran digital. Langsung saja ya disimak.

  • Display dan Native Advertising

Bagi para pegiat bisnis pasti sudah sering mendengar display and native advertising. Di dalam b2b pemasaran digital maka kalian harus menggunakan strategi ini, langkah pertama kalian pilih display advertising.

Jika masih ada yang bertanya apa maksud dari display advertising dalam b2b pemasaran digital, maka admin akan menjelaskan sedikit mengenai display advertising.

Strategi display advertising di dalam b2b pemasaran digital memanglah sangat penting, karena dengan langkah ini menentukan berhasil atau tidaknya brand perusahaan dipasarkan melalui iklan. Display advertising setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan, dari yang awalnya tanpa berbayar sampai berbayar.

Nah di dalam b2b pemasaran digital harus melihat peluang pasar dalam hal ini, dan kalian juga pasti sudah sangat tahu bahwa jumlah iklan di Internet sangatlah banyak, dari yang tampilannya biasa saja sampai yang menarik perhatian, maka disinilah strategi display advertising mulai ditunjukkan.

Apabila kalian masih bingung untuk melakukan strategi ini maka perusahaan kalian harus berinvestasi di salah satu perusahaan digital yang memang berkompeten, contohnya Remarketing Campaign AdWords agar strategi b2b pemasaran digital.

Channel remarketing AdWords ini sangat bagus untuk melakukan kampanye brand perusahaan, dan brand image perusahaan kalian bisa menduduki peringkat paling atas.

Karena di dalam b2b pemasaran digital remarketing ini membuat para pengunjung iklan merasa tertarik dan melalui remarketing juga kalian dapat melihat langsung pesan dari para pengunjung.

Dengan berinvestasi di remarketing ini kalian juga dapat membuat b2b pemasaran digital perusahaan ditampilkan didalam situs google display network.

Uniknya lagi di dalam web remarketing ini memiliki tampilan display ads tertarget yang nantinya akan menarik para pengunjung untuk terus memfollow up sistus ini.

Native advertising, pekerjaan sebagai native advertising ini memang cukup besar karena artikel yang dijual akan memuat sponsor iklan, nah dari situlah sumber keuntungannya, sponsor iklan.

Jadi bagi kalian yang ingin melakukan b2b digital marketing sebaiknya menggunaka jasa native advertising juga untuk memasarkan produk perusahaan melalui artikel, karena di zaman sekarang ini banyak sekali pengguna Internet yang menghabiskan waktunya untuk sekedar membaca artikel-artikel di Internet.

  1. Otomasisasi Marketing

Beberapa tahun ke belakang strategi b2b pemasaran digital sempat terisolasi, akan tetapi sekarang ini strategi b2b pemasaran digital sudah lebih baik lagi berkat adanya software otomasisasi marketing seperti Marketo dan HubSpot.

Strategi otomasisasi marketing yaitu berupa kampanye pemasaran brand b2b pemasaran digital perusahaan secara otomatis, melalui software otomasisasi marketing maka SEO, skor lead, manajemen konten, analisis dsb dapat tergabung dalam satu marketing saja.

Agar b2b pemasaran digital ini berjalan dengan lancar sebaiknya kalian harus menguji terlebih dahulu software otomasi ini dengan pemasaran berskala kecil, jika hal ini teruji dengan baik maka perusahaan kalian dapat mengukur ROI dan membuat keputusan untuk berinvestasi di situs yang lebih unggul.

  1. Micro Targeting & Precision Marketing

Dalam strategi b2b pemasran digital kali ini adalah micro targeting dan precision marketing yang mana perusahaan anda mentargetkan siapa saja yang menjadi target sasaran brand produk perusahaan dan melakukan closing melalui google ads.

Tentunya yang menjadi target adalah perusahaan juga ya, karena sistem b2b pemasaran digital adalah ke perusahaan bukan ke konsumen.

  1. Konten Marketing Berkualitas Tinggi

Dalam strategi b2b pemasaran digital konten marketing yang berkualitas tinggi sangatlah berpengaruh besar dengan jumlah pengunjung iklan dan ketertarikan perusahaan lainnya.

Di dalam strategi ini maka pihak perusahsan harus menciptakan suatu konten marketing yang lebih kreatif dan inovatif. Kirimkan kepada pihak perusahaan-perusahaan yang dijadikan target berhpa video ads mengenai brand perusahaan yang dipasarkan, kelebihan menggunakan brand dan bekerjasama, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengirimkan email, mengirim sebuah e-book dan sebaginya.

  1. Mobile Marketing

Sebenarnya strategi mobile marketing ini tidak digunakan dalam sistem b2b pemasaran digital, akan tetapi kalian juga jangan melupakan hal ini karena hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap orang menggunakan mobile phone tiap harinya, mereka menghabiskan waktunya didepan mobile phone selama berjam-jam.

Walaupun target dalam b2b pemasaran digital adalah perusahaan tapi kalian juga tidak boleh menghiraukan hal ini, buatlah model marketing yang mobile friendly.