7 Langkah Menghindar Bau Mulut Waktu Berpuasa

Berpuasa di kenali memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Walaupun itu, satu hal yang sering jadi masalah saat puasa yakni bau mulut, dengan kata beda aroma tidak sedap yang keluar dari mulut. Bau mulut bisa turunkan rasa percaya diri dan, yang terlebih, mengganggu orang di sekitaran Anda.

Apa yang menyebabkan bau mulut?
Bau mulut biasanya karena oleh bakteri khusus yang hidup di rongga mulut, yang memecah dan menghancurkan sisa-sisa makanan jadi gas yang beraroma tidak sedap atau senyawa sulfur yang mudah menguap.

Napas tidak sedap bisa datang dari buruknya higienitas (kebersihan) mulut, mulut kering, merokok, makanan & minuman khusus, beberapa penyakit khusus, hingga penggunaan obat-obatan.

Tahukah anda, 85-90% masalah napas tidak sedap datang dari mulut. Sisanya datang dari hidung dan sinus, problem pencernaan, hingga penggunaan obat-obatan khusus.

Berkaitan dengan puasa, bau mulut umumnya karena oleh mulut yang kering ataupun buruknya higienitas mulut, belum apabila Anda memiliki gigi yang berlubang yang bisa jadi sarang bakteri pemicunya bau mulut.

Saat berpuasa, getah lambung tetaplah bekerja walau tidak ada makanan yang dibuat, dan terjadinya keton dari pembakaran lemak oleh tubuh, yang baunya bisa mencapai rongga mulut.

Selain itu, karna tidak makan dan minum, produksi saliva (air liur) di mulut jadi berkurang dan menyebabkan mulut kering. Tidak ada cairan-alami-pembasmi-bakteri ini, lidah dan langit-langit mulut jadi sarang berkembang-biaknya bakteri, dan menyebabkan bau tidak sedap keluar dari mulut Anda.

Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa
Lalu bagaimana langkahnya mengatasinya? Itu di sini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindar dan kurangi bau mulut waktu tengah berpuasa :

1. Menyikat gigi
Selalu jaga kebersihan mulut Anda sepanjang sepanjang hari. Di bln. Ramadhan, sikatlah gigi sekurang-kurangnya 2 x sehari, dan jangan sampai lupa sikat gigi Anda setelah makan sahur atau terlebih dulu lakukan shalat subuh.

2. Bersihkan lidah
Lidah yakni sarangnya bakteri di mulut. Kerena itu, jangan sampai lupa bersihkan lidah Anda. Ini bisa Anda lakukan menggunakan alat/sikat khusus pembersih lidah. Apabila tidak ada, Anda bisa menggunakan bagian sikat yang lembut dari sikat gigi Anda. Gosok permukaan lidah dengan lembut untuk bersihkan plak dan bakteri yang menempel di lidah Anda setelah makan sahur.

3. Menggunakan cairan pembersih mulut
Jika memang perlu, Anda bisa menggunakan cairan pembersih mulut (mouthwash) setelah menyikat gigi, untuk membantu melawan bakteri dan berikan kesegaran mulut Anda.

menghindar bau mulut
Minum banyak air di luar waktu puasa membuat perlindungan hidrasi tubuh
4. Minum banyak air
Diluar waktu puasa, misalnya saat sahur dan setelah berbuka, minumlah air yang cukup. Minumlah satu gelas masing-masing beberapa jam ketika setelah berbuka hingga makan sahur Anda. Ini membuat perlindungan tingkat hidrasi tubuh Anda tetaplah baik, dan membantu menghindar bau mulut waktu Anda berpuasa di siang hari.

5. Berkumur di siang hari
Anda bisa berkumur di siang hari (selama tidak ada air yang ditelan dengan punya niat) untuk mengatasi mulut kering. Untungnya, Anda bisa mengerjakannya waktu ber-wudhu terlebih dulu lakukan shalat (Zhuhur dan Ashar). Hal seperti ini demikian membantu untuk mangatasi mulut yang kering, yang dimaksud paling penting bau mulut waktu tengah berpuasa.

bau mulut waktu puasa
Bawang dan beberapa tipe makanan yang beda bisa menyebabkan bau mulut.
6. Jauhi beberapa makanan spesifik
Ya. Anda bisa menghindar bau mulut waktu tengah berpuasa dengan jauhi beberapa makanan khusus yang bisa menyebabkan bau mulut. Satu diantaranya yakni bawang (terlebih bawang mentah), rempah-rempah beraroma tajam, pete dan jengkol, serta makanan yang pedas (makanan pedas buat mulut jadi kering).

7. Konsumsi buah dan sayuran fresh
Mengkonsumsi buah dan sayuran fresh bisa membantu melawan bau mulut. Beberapa yang layak dicoba yakni buah apel, semangka, pisang, pir, hingga kemangi, peterseli, teh hijau, dan daun pepermint.